Berita

BMKG Koreksi Kekuatan Gempa Nias Barat M 6,7, Ini Alasanya

Jumat, 14 Mei 2021 - 18:30
BMKG Koreksi Kekuatan Gempa Nias Barat M 6,7, Ini Alasanya Ilustrasi BMKG (Foto: dok. ITMES Indonesia)

TIMES BUKIT TINGGI, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan koresi terhadap kekuatan gempa bumi di Nias Barat, Sumatra Utara. BMKG menyebutkan bahwa gempa Nias Barat berkekuatan M 6,7 yang sebelumnya M 7,2.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan perubahan terjadi karena sistem yang dianut Indonesia, yaitu BMKG wajib mengeluarkan informasi gempa dan peringatan dini tsunami maksimal 3 menit setelah kejadian.

"Kenapa menit ketiga? Karena kecepatan lebih penting. Kalau kita tunggu stabil di menit 15, korban sudah terlalu banyak. Apalagi peringatan dini tsunami. Jerman dan USGS (Badan Survei Geologi Amerika Serikat) tidak wajib menyampaikan peringatan dini tsunami," kata Dwikorita dalam jumpa pers daring, Jumat (14/5).

Menurutnya, sistem ini juga dianut oleh negara-negara yang wajib menyampaikan peringatan dini tsunami, seperti Jepang, India, dan Australia.

BMKG kemudian dengan memutakhirkan data kekuatan gempa setelah menit 15 atau 30. BMKG menjamin perbedaan data maksimal M 0,7.

"Biasanya update lebih rendah. Jangan sampai update loncat. Update BMKG selalu lebih rendah," tuturnya.

Sebelumnya, gempa bumi mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021). Awalnya, gempa bumi dilaporkan memiliki kekuatan M 7,2. Namun, beberapa menit berikutnya, BMKG menyampaikan kekuatan gempa M 6,7. Dalam keterangan tertulis, BMKG menyebut ada pemutakhiran kekuatan gempa.

Sampai berita diturunkan, BPBD Nias belum menerima laporan kerusakan akibat gempa Nias Barat. BPBD juga telah menerjunkan anggotanya ke sejumlah wilayah untuk memantau dampak akibat gempa tersebut dan mengimbau warga untuk tetap waspada dan tidak panik.(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bukit Tinggi just now

Welcome to TIMES Bukit Tinggi

TIMES Bukit Tinggi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.